• banner
  • banner
  • banner

SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 SINGARAJA

NPSN : 50100288

Jl.Pramuka No.6 Singaraja, Kabupaten Buleleng - Bali


smkn1_sgr@yahoo.com

TLP : (0362) 22187


          

Banner

Jajak Pendapat

Apakah Website ini membantu?
Ya
Tidak
  Lihat

Statistik


Total Hits : 256729
Pengunjung : 88631
Hari ini : 27
Hits hari ini : 49
Member Online : 0
IP : 18.210.24.208
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

UPACARA UPANAYANA SISWA BARU 2019/2020




PPDB DAN UPANAYANA SISWA

Setelah proses Penerimaan Peserta Didik Baru berakhir dengan diterimanya siswa baru sejumlah 445 orang siswa di SMKN 1 Singaraja dengan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Dring dan Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan, mengawali kegiatan tahun ajaran baru siswa tahu 2019/2020 di halaman sekolah dan padmasana SMKN 1 Singaraja, diadakan upacara UPANAYANA.

Istilah Upanayana berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya perkenalan. Upanayana adalah masa perkenalan peserta didik (siswa) baru di lingkungan sekolah yang dilakukan secara spiritual melalui pendekatan ritual maupun perkenalan yang bersifat fisikal dengan pengenalan kondisi sekolah secara keseluruhan. Artinya dalam pelaksanaannya ditekankan tentang proses penanaman dan pengenalan karakteristik kehidupan belajar, baik secara spiritual, psikologis, dan akademik. Di samping itu pelaksanaan Upanayana lebih mengutamakan pembinaan spiritual, maka dalam penerapannya Upanayana lebih diprioritaskan pada pemahaman ajaran agama Hindu serta bagaimana praktik mengenai ajaran agama Hindu.

Kegiatan Upanayana selain memberikan beberapa program perkenalan terhadap peserta didik baru dengan lingkungan tempat belajarnya, tetapi juga sebagai upaya pendekatan spiritual atau pendekatan kerohanian. Hal ini ditandai dengan kegiatan inisiasi atau Pewintenan Saraswati yang bertujuan memohon restu ke hadapan Dewi Saraswati untuk memperoleh anugerah kekuatan lahir bhatin (wahya adhyatmika) dalam memasuki lingkungan baru pada jenjang pendidikan formal. Harapannya adalah dalam mengawali proses menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan selalu dalam tuntunan serta bimbingan Sang Hyang Aji Saraswati sebagai dewaning pangeweruh. Diyakini dengan anugrah dari Dewi Saraswati, maka peserta didik taat dan berbhakti, sehingga dalam pembelajaran maupun praktik keagamaan dan kegiatan pembelajaran lainnya selalu berhasil, sukses, mendapatkan tuntunan sinar suci dan terbebas dari segala rintangan.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas